BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 05 Januari 2010

Tingkat kepuasan konsumen dalam pelayanan

Pemasaran merupakan hal yang sangat mendasar dan penting untuk dipahami setiap pelaku yang berkecimpung dalam dunia usaha,karena berhasil tidaknya perusahaan dalam mempertahankan dan mengembangkan usahanya sangat pada bagaimana cara perusahaan memasarkan produknya sehingga dapat diterima oleh pelanggan.

Dalam kondisi persaingan yang sangat ketat tersebut,hal utama yang harus diprioritaskan oleh perusahaan adalah kepuasan pelanggan agar dapat bertahan,bersaing dan dapat menguasai pasar.pimpinan harus mengetahui hal-hal apa saja yang dianggap penting oleh pelanggan dan perusahaan berusaha untuk menghasilkan kinerja sebaik mungkin,sehingga dapat memuaskan pelanggan.kepuasan maupun ketidakpuasan pelanggan ditentukan oleh kualitas pelayanan yang baik,sehingga jaminan produk menjadi prioritas utama bagi setiap perusahaan yang ada pada saat ini khususnya dijadikan sebagai tolak ukur keunggulan daya saing perusahaan.

Salah satu jasa yang memungkinkan menjaring pelanggan melalui kualitas pelayanan adalah rumah makan.seperti masyarakat ketahui bahwa pemenuhan kebutuhan akan makanan adalah salah satu kebutuhan fisik manusia selain pakaian dan rumah.Abraham Maslow dan Anwar Prabu Mangkunegara(2002:6)dalam teorinya berpendapat bahwa hierarki kebutuhan manusia adalah :

-kebutuhan fisiologis
Yaitu kebutuhan untuk makan,minum,pelindungan fisik,bernafas,seksual.kebutuhan ini merupakan kebutuhan tingkat rendah atau disebut sebagai kebutuhan paling dasar.

-kebutuhan rasa aman
Yaiut kebutuhan akan perlindungan dari ancaman,bahaya,pertentangan dan lingkungan hidup.

-kebutuhan untuk rasa memiliki
Yaitu kebutuhan untuk diterima oleh kelompok,berinteraksi,dan kebutuhan untuk mencintai dan dicintai.

-kebutuhan harga diri
yaitu kebutuhan untuk dihargai dan dihormati oleh orang lain.

-kebutuhan untuk mengaktualisasi diri
yaitu kebutuhan untuk menggunakan kemampuan,skill,dan potensi,kebutuhan untuk berpendapat dengan mengemukakakan ide-ide,memberi penilaian dan kritikan terhadap sesuatu.

Artinya,Manusia akan cenderung memenuhi kebutuhan fisiknya sebelum memenuhi kebutuhan-kebutuhan lainnya.
(http://jurnalskripsi.com/pengaruh-kualitas-pelayanan-terhadap-kepuasan-konsumen-pada-%E2%80%9Cwaroeng-steak-shake%E2%80%9D-malang-pdf.htm)

0 komentar: