BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 24 Oktober 2010

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh para pengusaha dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan untuk mendapatkan laba. Berhasil tidaknya dalam pencapaian tujuan bisnis tergantung kepada keahlian pengusaha dibidang pemasaran, produksi, keuangan maupun dibidang lain. Selain itu tergantung pula kemampuan pengusaha untuk mengkombinasikan fungsi-fungsi tersebut agar perusahaan dapat berjalan lancar.

Strategi pemasaran begitu penting dalam menentukan keberhasilan penjualan produk dari suatu perusahaan umumnya dan khususnya pada bidang bagian pemasaran. Strategi pemasaran juga harus memberikan gambaran yang cukup jelas dan mempunyai arah yang jelas agar dapat menggunakan setiap peluang dan panduan yang tepat sasaran pada beberapa peluang sasaran pasar yang akan dibidik.

Mengingat pentingnya strategi pemasaran produk dalam memperkenalkan produk dan memenangkan persaingan maka perusahaan harus dapat membuat strategi pemasaran produk yang efektif dan efisien sehingga dapat menarik para konsumen. Dalam penulisan ini toko yang dijadikan sebagai sumber data dalam penulisan adalah TOKO MASARO OTO BAN, RADIO DALAM, JAKARTA.

Untuk itu judul yang diberikan dalam penulisan Laporan Kerja Praktek ini adalah “STRATEGI PEMASARAN PRODUK VELG DAN BAN MOBIL PADA TOKO MASARO OTO BAN, RADIO DALAM, JAKARTA”

1.2 Rumusan masalah

Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah penerapan Strategi Pemasaran Produk Velg dan Ban Mobil Pada Toko Masaro Oto Ban?”.

1.3 Tujuan

Adapun tujuan adalah :

1. Mengetahui masalah yang dihadapi Toko Masaro Oto Ban dalam pemasaran produknya kepada konsumen.

2. Mengetahui cara penerapan strategi pemasaran produk yang digunakan oleh Toko Masaro Oto Ban.

BAB II

LANDASAN TEORI

2.1 Kerangka Teori

2.1.1 Pengertian Pemasaran

Pemasaran merupakan salah satu bidang kegiatan yang cukup penting dalam perusahaan dimana dengan pemasaran akan menunjang keberhasilan tujuan perusahaan. Pemasaran sering diartikan dengan penjualan. Untuk lebih jelasnya akan diuraikan definisi pemasaran menurut pendapat beberapa ahli:

1. Menurut Eva Zhoriva Yusuf dan Lesley Williams (2007,26), Pemasaran dalam pengertian luas adalah semua kegiatan yang dirancang untuk mendorong dan mengelola segala pertukaran untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan kita. Sedangkan dari perspektif bisnis yang lebih sempit pemasaran dapat didefinisikan sebagai sebuah keseluruhan system kegiatan bisnis yang dirancang untuk menyediakan sesuatu bagi kelompok, individu, atau organisasi yang memuaskan mereka, guna mencapai tujuan organisasi.

2. Menurut Basu Swastha Dharmmesta dan T. Hani Handoko (1982:4), Pemasaran adalah suatu sitem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

3. Menurut Wiliam J. Stanton (1984;10), Pemasaran adalah suatu system keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis ditujukan untuk mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli pontensial

2.2 Pengertian Bauran Pemasaran

Salah satu unsur dalam startegi pemasaran terpadu adalah strategi Marketing Mix atau bauran pemasaran yang merupakan strategi yang dijalankan perusahaan yang berkaitan dengan penentuan bagaiman perusahaan mangajukan penawaran produk pada sekmen tertentu yang merupakan pasar sasaran.

Menurut Basu Swastha(1996:42) : Bauran Pemasaran adalah Kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistim pemasaran perusahaan.

Keempat variable strategi pemasaran adalah :

1. Produk

Produk merupakan elemen yang paling penting karena dengan produk perusahaan dapat memenuhi kebutuhan dari keinginan konsumen. Produk dapat dikatakan sebagai pemahaman yang bias ditawarkan sebagai usaha mencapai tujuan organisasi melalui pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen seuai daya beli pasar.

2. Harga

Harga merupakan satu-satunya unsur dalam pemasaran yang memberikan pemasukan atau pendapatan bagi perusahaan sedangkan ketiga unsure lainnya ( produksi, promosi dan disrtibusi ) menyebabkan timbulnya biaya atau persaingan

3. Distribusi

Setelah produk dan harga selanjutnya adalah penetapan mengenai cara penyampaian produk tersebut kepada konsumen (pendistribusian). Sehingga pemilihan saluran distribusi dengan tepat akan mampu meningkatkan penjualan.

4. Promosi

Promosi merupakan salh satu factor paling penting penentu keberhasilan suatu kegiatan. Karena betapapun kualitasnya suatu pruduk bila kosumen belum pernah mendengarnya 3dan tidak yakin produk itu akan berguna bagi mereka,mereka tidak akan membelinya.

Keempat strategi diatas saling mempengaruhi sehingga semuanya penting sebagai satu kesatuan strategi yaitu strategi bauran pemasaran dalam menggunakan variabel-variabel pemasaran yang dapat dikendalikan oleh pimpinan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam bidang pemasaran.

BAB III

METODE PENELITIAN

3.1 Objek Penelitian

Objek dalam penelitian ini adalah pada Toko .Masaro Oto Ban, di JL.H.Nawi Raya No.7 Radio Dalam Jakarta Selatan.

3.2 Data / Variabel Yang Digunakan

Data yang digunakan dalam penyusunan penulisan ilmiah ini adalah data primer dan data sekunder, data primer diperoleh langsung dari perusahaan, dan data sekunder diperoleh melalui buku bacaan yang ada hubungannya dengan materi penelitian ini.

3.3 Metode Pengumpulan Data

Metode pengumpuan data yang digunakan penulis yaitu dengan cara sebagai berikut:

1. Studi Lapangan

Untuk memperoleh data yang lengkap penulis berusaha mendatangi secara langsung ke objek penelitian dengan mengadakan :

a. Observasi yaitu mengadakan pengamatan secara langsung ditempat penelitian dan mengamati aktivitasnya.

b. Wawancara yaitu melakukan wawancara langsung dengan sumber data dan informasi, seperti sekretaris atau pihak-pihak yang berhubungan dengan masalah yang di bahas.

2. Studi pustaka

Penulis membaca buku-buku referensi, dan catatan yang berhubungan dengan materi penelitian ini.


0 komentar: