BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 09 Mei 2010

BAB 1
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh para pengusaha dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan untuk mendapatkan laba. Berhasil tidaknya dalam pencapaian tujuan bisnis tergantung kepada keahlian pengusaha dibidang pemasaran, produksi, keuangan maupun dibidang lain. Selain itu tergantung pula kemampuan pengusaha untuk mengkombinasikan fungsi-fungsi tersebut agar perusahaan dapat berjalan lancar.
Dalam hal ini yang dimaksud dengan pemasaran adalah :Suatu sistem keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun kepada pembeli yang potensial.
Dari uraian di atas dapat diketahui bahwa pemasaran adalah suatu sistem dari kegiatan-kegiatan yang merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa kepada kelompok pembeli.Perusahaan harus memadukan keputusan-keputusan pemasarannya dengan fungsi pemasaran yang lain. Biasanya bagian pemasaran mengkoordinasikan tugas-tugas pada bagian dalam perusahaan secara informal. Hal ini menyebabkan semakin pentingnya bagian pemasaran bagi perusahaan.


Suatu produk yang telah berhasil diproduksi biasanya membutuhkan jasa distribusi untuk memasarkannya. Produk yang telah dihasilkan tersebut tidak bisa mencari konsumen sendiri. Oleh karena itu dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat agar suatu produk sukses dipasarkan di market.


1.2 Rumusan masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh strategi pemasaran terhadap volume penjualan di bidang jual beli velg dan ban mobil.

1.3 Batasan Masalah
Sehubung dengan luasnya masalah yang terjadi pada strategi pemasaran, maka penulis membatasi masalah pada pengaruh strategi pemasaran terhadap volume penjualan.

1.4 Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat volume penjualan terhadap pengaruh strategi pemasaran di bidang jual beli velg dan ban mobil.

1.5 Manfaat Penelitian
Penelitian yang dilakukan ini semoga bermanfaat positif bagi penulis sendiri, orang lain, maupun pihak lain.




1. Manfaat Akademis
Penelitian ini berhubungan dengan mata kuiah manajemen pemasaran, sehingga diharapkan penulis dan pihak yang berkepentingan lebih memahaminya.
2. Manfaat Praktis
Penulis mampu mengidentifikasikan suatu masalah terhadap volume penjualan pada jual beli veleg dan ban mobil. Sehingga diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan oleh pihak yang berkepentingan khususnya pelanggan.
3. Bagi pihak lain atau masyarakat.
Dapat dijadikan sebagai sumber informasi dalam rangka memperluas wawasan pengetahuan.

1.6 Metode Penelitian
Dalam melakukan penelitian ini, penulis akan menjelaskan dan menguraikan metode penelitian yang akan digunakan .


1.6.1 Data / Variabel yang digunakan
Dalam penelitian ini penulis akan mengambil sample pelanggan yang membeli velg atau ban sebanyak 50 sampel. Kemudian mendeskripsikannya dengan membuat Diagram Cartesius.



1.6.2 Metode pengumpulan data / variable
Metode pengumpulan data yang akan dipakai dalam penelitian ini adalah data primer yang dapat dilakukan dengan cara membagikan kuesioner ke setiap responden yang melakukan jual beli velg dan ban mobil.